Laman

*** BINA PSIKOLOGI SURABAYA *** Alamat : Jl. Kedung Tarukan 2 / 31-A Surabaya, Telp. 03170272815 / 0817309685, email : mudhar.bps@gmail.com

Jumat, 25 Maret 2011

Negasi = Ingkaran

Negasi sering diterjemahkan menjadi ingkaran, penyangkalan,  peniadaan, kata sangkalan (misal kata tidak, bukan)
Negasi dari x = gasal adalah x tidak = gasal.
Negasi dari lapar adalah tidak lapar.
Negasi dari saya haus adalah saya tidak haus.
Jika saya makan, maka saya kenyang.
Kebanyakan orang mengira negasi dari pernyataan di atas adalah:
Jika saya tidak makan maka saya tidak kenyang.
Ternyata jawaban ini salah, bukanlah negasinya.
Jika saya makan maka saya tidak kenyang.
Jika saya tidak kenyang maka saya tidak makan.
Ternyata negasi dari pernyataan diatas juga dianggap tidak benar.
Negasi yang tepat adalah:
Saya makan dan saya tidak kenyang. Atau
Saya makan tapi saya tidak kenyang
 (DAN = TAPI).
JIKA segitiga sama sisi MAKA besar jumlah ketiga sudutnya adalah 180 derajat.
Negasinya adalah:
Segitiga sama sisi TETAPI besar jumlah ketiga sudutnya adalah tidak 180 derajat.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar