Laman

*** BINA PSIKOLOGI SURABAYA *** Alamat : Jl. Kedung Tarukan 2 / 31-A Surabaya, Telp. 03170272815 / 0817309685, email : mudhar.bps@gmail.com

Jumat, 13 Januari 2012

HINDARI PENGGUNAAN KALIMAT NEGATIF
Sering kita mendengar perkataan : ”Jangan Lari, jangan berbicara, jangan makan dengan tangan kiri, jangan lupakan sholat, jangan membuang sampah di sembarang tempat …. Dan masih banyak lagi jangan, jangan, jangan yang lain yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, kenapa tidak menggunakan padan katanya yang memiliki arti yang sama ? misalnya “pelan saja untuk mengganti kata jangan lari, diam untuk mengganti jangan berbicara, gunakan tangan kanan untuk makan untuk menganti kalimat jangan makan dengan tangan kiri, ingat sholat untuk mengganti jangan lupakan sholat, buanglah sampah pada tempatnya untuk mengganti kalimat jangan membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.
Kita sering kali menggunakan menggunakan kalimat negatif dalam berkomunikasi, padahal padan katanya masih ada. Penggunakan kalimat negatif sebenarnya kurang baik dalam proses pendidikan anak. Sebenarnya ketika kita menggunakan kalimat negatif pada kata kerja (misalnya “jangan lari” untuk mengatakan “jalan dengan pelan”), yang terbayang pada anak adalah kata “lari”, bukan berjalan dengan pelan, “jangan berbicara” yang terbayang pada anak adalah “berbicara”.
Coba kita ambil contoh yang lebih kontrit, coba saudara sekarang “jangan bayangkan bahwa didepan anda ada hantu yang sangat cantik”. Sudah barang tentu terbayang didalam pikiran anda adalah hantu yang sangat cantik.
Jangan bayangkan bahwa didepan anda ada gajah yang lagi menari, sudah bisa dipastikan bahwa anda membayangkan gajah yang sedang menari.
Nah itulah contoh-contoh bahwa penggunaan kalimat negatif dalam kata kerja yang terbayang atau yang terkesan adalah kata kerja itu sendiri. Hal ini berarti niat kita agar anak tidak melakukan aktivitas itu, malah sebaliknya akan melakukan. “Jangan lari” … kemungkinan besar anak akan lari.
Sebaiknya hindari kalimat negatif dalam berkomunikasi dengan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar