Laman

*** BINA PSIKOLOGI SURABAYA *** Alamat : Jl. Kedung Tarukan 2 / 31-A Surabaya, Telp. 03170272815 / 0817309685, email : mudhar.bps@gmail.com

Kamis, 10 Februari 2011

Bagaimana Mengetahui Bakat Anak ?


Bakat merupakan kemampuan yang lebih menonjol daripada yang lain, baik secara intelektual (teoritis) maupun secara praktis, dimana kedua-duanya memiliki posisi kualitas yang tinggi. Seringkali orangtua merasa benar anaknya memiliki bakat seperti orangtuanya. Maka orangtua pun mencoba membawa anaknya untuk les bahasa Inggris, piano, balet, dan sebagainya. Namun pada akhirnya pengembangan bakat yang diperkirakan akan berpotensi besar nantinya, tidaklah demikian. Malah sebaliknya, bakat tidak berkembang sama sekali. Padahal setap anak itu unik dan memiliki karakter, bakat, dan potensi yang berbeda-beda. 
Setiap anak dipercaya dan dinyakini memiliki bakat sendiri-sendiri.Namun bakat anak ini tidak bisa langsung terlihat begitu saja. Karenanya orang tua harus mengenali dan memahami bakat yang dimiliki anaknya. Dengan memahami bakat anak, akan lebih mudah dan terarah dalam mengembangkannya.
Memahami bakat anak merupakan langkah awal dalam membantu anak meraih masa depannya. Tetapi tahukah kita batasan-batasan tentang keberbakatan itu sendiri dan apa tantangan yang dihadapai dalam mengarahkannya? Apakah anak kita benar berbakat di bidang tertentu atau tidak? Apa yang orang tua dapat lakukan untuk mengenali dan mengembangkan bakat anaknya. Dan apa yang harus diwaspadai agar usaha yang kita lakukan tidak berbuah simalakama. Terlalu ngoyo dalam mendorong salah, tidak didorong pun juga salah. Karena itu penulis mengajak anda untuk menyimak hal-hal yang mendasar tentang keberbakatan ini.
Beberapa cara untuk mengenal bakat anak :
1. Melalui Pengalaman
Bakat merupakan kemampuan yang menonjol dari pada kemamapuan yang lain, untuk mengetahun kemampuan yang mennjol ini perlu dilihat dari bentuk kemampuan dari masing-masing aktivitas yang dilakukan, jadi untuk mengetahui aktivitas atau kegiatan mana yang paling menonjol adalah melalui pengalamannya. Ketika mencoba hal tertentu, ternyata mengalami banyak kemajuan. Seringkali bakat juga dikaitkan dengan hobby, walaupun sebenarnya antara bakat dan hobby tidak ada korelasinya, tapi dengan melihat kegiatan yang sering dilakukan (hobby) itu merupakan indikator awal untuk mengetahui bakat seseorang. Mengetahui bakat anak dari perilaku atau pengalaman ini adalah suatu cara yang sangat mudah dan murah, tidak perlu membutuhkan keahlian atau keilmuan tertentu, cukup dengan melihat dan memperhatikan perilaku anak setiap hari sudah memungkinkan untuk dapat memprediksi bakat anak, walaupun cara ini masih diragukan keakuratannya.
2. Mengikuti Test Bakat
Jaman sekarang yang sekarang sudah banyak terdia alat tes untuk mengukur bakat seseorang. Perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang psikologi telah banyak membantu seseorang untuk mengetahui bakatnya. Namun tidak semua orang bisa melakukan pengukuran bakat ini, masih butuh keahlian dan ilmu untuk bisa melakukan tes bakat. Sebenarnya di berbagai toko buku juga banyak ditemukan banyak ragam alat tes yang dijual bebas, namun alat yang dijual bebas tersebut masih diragukan validitasnya, oleh karena itu lebih baik dari ke biro psikologi untuk mengetahui bakat anak.
3. Metode Fingerprint
Leonardus Eko W direktur eksekutif Brain Child Learning menjelaskan metode fingerprint atau sidik jari ini, dipercaya bisa mengetahui bakat anak sejak dini. Metode ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan akurasi 95%. Namun dikalangan ilmuan psikologi masih menjadi perdebatan, tapi semua ini merupakan salah satu bentu usaha untuk mengetahui bakat anak.
Terus kalau sudah diketahui bakatnya ? Untuk apa ?

2 komentar:

  1. Ingin mengetahui bakat anak.. Dimana 'n brp biaya konsultasinya. joko, jacko_60@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Mas Joko .... sekarang byk Biro Psikologi, silahkan sdr bisa pilih mana yg dianggap lebih baik menurut anda, saya kira kurang enak kalau menunjuk salah satu biro psikologi disini. Mengenai harga bervariasi, saya mendengar dari beberapa orang bahwa biaya ada yang hanya Rp. 5.000,- s/d Rp. 250.000,- bahkan lebih, sangat tergantung Bironya

    BalasHapus